June 21, 2008

Malang "pernah" sedingin ini

Akhir2 ini, sperti juga waktu tahun2 sebelumnya, pas mau mulai tahun ajaran baru, kira2 bulan juni-juli. Udara di malang jadi terasa dingiiinn bgt..

Kadang karena suhu udara yg g lazim ini,bikin saya kembali ngerasa terasing di kota ini. serasa kembali lagi ke masa awal dateng ke Malang. Dimana saya waktu itu ngerasa semuanya asing,baru dan gak lazim.. seluruh kota sepertinya mengucilkan saya karena saya bukan bagian darinya. Disini adalah dunia yg baru,yang beda dan yang asing bagi saya. suhu udara yg beda,bahasa yg beda,makanan yg beda,cara berpikir yg beda,kebiasaan yg beda dst.. Saat itu,saya pikir, saya merasa sangat tidak nyaman.

Rasa tidak nyaman yang "simply" karena saya tidak tahu, tidak terbiasa, dan tidak memahami. Karena memang, ini bukan dunia saya. Dunia saya adalah dimana saya bisa merasa nyaman. Dimana saya tahu, terbiasa dan paham dengan semua cara2 yang ada.

Pertanyaan yang muncul: lalu kenapa saya mau meninggalkan semua kenyamanan2 itu dan pindah ke tempat yang membuat saya gak nyaman??, well, pada saat itu juga sebenernya saya sudah menemukan jawabannya. Rasa tidak nyaman karena berada di lingkungan yang baru itu sudah tertutupi oleh perasaan lain yang lebih kuat, dan yang sifatnya positif dan menyenangkan, yaitu perasaan very-very excited, karena telah menemukan hal yang baru, yang beda,yang akan memperkaya wawasan saya, dan yang mungkin akan mengubah hidup saya. Perasaan inilah yang sampai saat ini terus membuat saya kangen dan ingin terus mengejarnya.. Yang membuat saya melupakan semua kejenuhan hidup, yang membuat saya terus bersyukur kepada tuhan YME.

Kemampuan untuk menemukan dan mempelajari hal baru.. mungkin inilah anugrah terbesar bagi umat manusia. Dan tuhan pun menjadikannya sebuah "passion", sehingga tak terhitung banyaknya manusia yang bekerja sangat keras, bepergian ribuan kilometer, membaca ratusan buku, melihat dan mendengar jutaan cerita dan sebagainya, demi untuk mendapatkan perasaan telah menemukan dan mempelajari hal baru tadi. Sebuah "passion" yang sangat kuat, sehingga manusia rela meninggalkan semua kenyamanan dan kemapanannya demi untuk merasakan perasaan itu.. dan,sekali lagi, perasaan yang sampai saat ini terus membuat saya kangen dan ingin terus mengejarnya.

No comments: